Anak Satu Tahun Aktif Sering Terjatuh


Pertanyaan

salam kenal…ass mualaikum…saya mau tanya..anak saya usianya 13bln dan dia sangat aktif tapi dia juga sering terjatuh dan selalu kepalanya yang terkena saya takut suatu saat nanti akan bermasalah di bagian kepalanya.saya harus bagaiman doong..trimakasih

Jawaban

Wa’alaykumsalam wr wb,
Allahumma baarik… Subhanallah… Pasti si kecil sedang lucu2nya ya Bu….
Ibu, anak usia 13 bulan yang baru berjalan biasanya mmg terlihat sangat aktif. Hal ini sangat wajar, mengingat saat ini dia sudah bisa melakukan eksplorasi lebih luas lagi seiring dengan kemampuan motorik kasarnya yang juga akan semakin meningkat.
Sehubungan dengan pertanyaan Ibu, maka ada beberapa hal yang bisa kita lakukan :
1. “Mendesign” ulang tata ruang di rumah kita agar anak bisa lebih bebas bereksplorasi dengan aman. Pertama, Ibu harus menyingkirkan benda2 pecah belah ke tempat yang tinggi yang tdk bisa dijangkau anak. Dua, Ujung2 meja yang tajam, sebaiknya dilapisi oleh karet atau busa sehingga bila anak terantuk, tidak akan membuat luka yang parah. Tiga, gunakan “colokan listrik” yang aman atau tutup saja dengan lakban tebal sehingga anak tidak bisa “bermain-main” memasukkan jari atau benda2 ke dalam colokan listrik tersebut. Empat, beri ruang yang cukup luas agar anak bisa bergerak bebas. Saya sendiri, sampai anak berusia 4 thn, menaruh semua kursi ke pojok2 dinding sehingga ruangan terlihat lebih luas. Mungkin rumah akan terlihat sedikit “berantakan”. Tetapi hal ini jauh lebih baik untuk perkembangan dan “keamanan” anak-anak.
2. Tidak memakaikan kaus kaki pada anak saat di dalam rumah. Kaus kaki membuat kaki anak akan licin saat melangkah, sehingga kemungkinan terjatuh lebih besar. Kalau pun harus memakai kaus kaki, pakai kan juga sepatu sehingga tidak licin lagi.
3. Pilihkan sepatu yang benar2 pas di kaki anak. Sebaiknya, gunakan sepatu yang ber-sol karet sehingga tidak licin.
4. Pilih keset kaki/mat yang tidak licin, sehingga tidak berbahaya bila anak menginjaknya.
5. Jangan biarkan ada genangan air, tetesan cream (handbody, dll) atau minyak di lantai, meski sedikit, karena dikhawatirkan bila anak menginjaknya maka ia bisa terpeleset dan terjatuh.
6. Jangan pernah meninggalkan anak berada sendirian di Kamar Mandi, meski sebentar, karena bisa banyak hal berbahaya yg terjadi pada anak di kamar mandi.

Mengenai jatuh, MashaALLAH…. ALLAH telah memberikan perlindungan terbaikNYA pada manusia dengan memberikan tengkorak kepala yang luar biasa keras dan kuat. Namun, bila anak terjatuh lalu setelah itu timbul salah satu atau lebih dari gejala seperti berikut :
1. Pingsan
2. Muntah-muntah
3. Demam
4. Terlihat lemas, lesu dan tidur terus,
maka Ibu HARUS segera membawanya ke Rumah Sakit, karena dikhawatirkan ada dampak akibat jatuhnya tersebut.

Hal yang tak kalah penting adalah do’a kita kepada Sang Khalik. Karena sebaik-baik penjagaan adalah penjagaan dariNYA.
InshaALLAH, dgn usaha dan do’a dari Ibu, si kecil akan terhindar dari hal-hal yang bisa membahayakan dirinya.
Sun sayang saya utk si kecil ya Bu…..

Wassalamu’alaykum wr wb
Fajriati Maesyaroh, Psi.

2 responses

11 09 2010
rina dwiyanto

Assalamu’alaikum wr.wb. Bu dua hari yll anak saya berusia 13 bln terjatuh dan kepala bagian belakang terkena lantai,saya tidak tahu seberapa keras benturan tersebut krn reflex saya agak panik wktu itu. Tp stlh bbrp saat anak sy kembali aktif tdk muntah ataupun demam,jd sy pun menjd agak tenang. Hari ini anak sy demam apakah demamnya bs dikategorikan efek dr terjatuh 2 hr yll? Ataukah mmg anak sy sedang demam mau flu? apakah perlu bsk pagi sy bw ke dokter anak?terimakasih sebelumnya. Wassalamu’alaikum wr.wb

16 09 2010
dessy indriana kurniawan

Terimakasih ya bu untuk masukkannya, terus terang saya juga sering merasa was-was bila putri saya terjatuh. Usia putri saya saat ini 16bln dia benar-benar luar biasa aktif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: