Kiat2 Membina Keluarga Sakinah


Pertanyaan

Assalamualaikum
Kiat2 membina keluarga sakinah

Jawaban

Wassalamualaykum.
Bp yg dirahmati Allah, SWT. Alhamdulillah…Pertama2 saya ingin mendoakan bapak beserta keluarga yg telah membuktikan ikhtiarnya untuk selalu meningkatkan kualitas diri dan keluarga dalam membina keluarga sakinah

Pertama, Pernikahan adalah bahasa Al Quran dan hadits. Annikahu Sunnati, Nikah itu merupakan ladang ibadah. Sama halnya dengan sholat, dzikir, doa, puasa, haji. Karena ibadah karenanya kita ingin untuk diterima Allah,SWT….
Untuk diterima maka harus dilandaskan keikhlasan dan bukan hanya cinta. Kalau berlandaskan cinta, maka kita akan tertipu.

”Saya sudah mencintai kamu tetapi kamu kok malah begitu?”, Nah ketahuan kamu ya…"
Ketika dilandasi keikhlasan untuk mencapai Ridho Allah, maka Allah akan menurunkan barakah, ketenangan dan rahmahnya sehingga timbullah cinta.

Kedua, permikahan sebagai muwafaqatuh Sunnah, ittibaur Rasul. Pernikahan merupakan upaya kita untuk mengikuti rasulullah sebagai tuntunan hidup.

Karena nikah ibadah, maka ketika ada permasalahan dan konflik bayangkan saat kita puasa sedang lemas2nya, harus nyetrika baju, atau kerja ke pabrik, atau waktu kita sholat shubuh, kita ngantuk2 karena malam tidurnya kemalaman.Dengan demikian nilai kesabaran dan perjuangan dalam ‘Ibadah Nikah’ tersebut akan mendapat ganjaran yang besar di sisi Allah

Nikah itu prosesi ibadah, dimana keberhasilan pernikahan seperti pada QS66:6. Menyelamatkan diri kita dan keluarga dari Api Neraka.

Jadi nikah bukan sekedar meghantarkan anak2 kita lulus sekolah tinggi dan mandiri, namun yg lebih penting adalah menghantarkan seluruh keluarga kita tanpa kecuali menuju ke pintu gerbang surga.

Itulah tujuan akhir pernikahan di mana kita sekeluarga dapat bertemu di Surga-nya Allah SWT dan bertemu dengan Allah,SWt di akherat nanti.
Wallahu A’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: