Tugas Perkembangan Anak Batita


 

Pertanyaan

Trims sdh mngundang.. Saya ibu dr seorang putri usia 1th 9bln, mhon tahapan2 prkmbngn psikologis nya..
Jawaban untuk Ibu Herlina: Tugas Perkembangan Anak Batita

Jawaban

Assalamu’alaykum wr wb,Dear Ibu Herlina, Subhanallah… Pastinya putri Ibu sedang lucu2nya ya…
Ibu, tugas perkembangan usia batita secara umum adalah sebagai berikut :

Perkembangan fisik – Sistem tubuh dan semua indera sudah berfungsi dalam berbagai tingkatan. Otak berkembang secara lengkap dan sangat peka terhadap pengaruh lingkungan. Anak berusaha mengeksplorasi lingkungannya dgn mengembangkan aspek motorik kasar dan halusnya. Untuk mencapai suatu tempat, anak belajar merangkak, berdiri, berjalan, berlari, menaiki tangga dan melompat dengan benar. Dan untuk meraih suatu benda, anak juga belajar menggunakan tangan dan jari2nya melalui menggenggam, menjumput juga merobek. Semuanya ini akan sangat membantu anak kelak dalam membentuk rasa percaya diri dan mengembangkan keterampilan motorik halus yg lebih advance seperti menebalkan huruf, menulis, mewarnai, menggunting dan melipat.

Perkembangan kognitif – Sudah ada kemampuan untuk belajar dan mengingat. Di akhir usia 2 tahun dapat menggunakan simbol-simbol dan mampu memecahkan masalah sederhana. Pemahaman bahasa dan penggunaannya berkembang dengan pesat

Perkembangan psikososial – Terbentuk kelekatan dengan orang tua dan orang lain. Berkembanga kesadaran akan diri. Terjadi peralihan dari ketergantungan kepada orang tua menjadi otonomi. Bertambahnya minat terhadap anak lain.

Demikian Ibu, Mudah2an bisa bermanfaat. Sun sayang untuk putrinya ya Bu…

Wassalam,
Fajriati Maesyaroh, Psi

3 responses

9 04 2010
asri

bu saya mau tanya, anak kembar saya usianya 16 bulan kok belum bisa jalan ya? padahal 2 kakaknya satu tahun sudah bisa berjalan, apa yang perlu saya lakukan?

28 12 2010
maya yunita

anak saya umurnya 2 tahun, dia itu takut sekali sama ayahnya. klo d depan ayahnya dia bersikap baik dan pintar tp klo d belakang ayahnya dia seperti berontak. misalnya klo dia meminta sesuatu kepada saya, ibunya jika tdk d turuti maka dia akan mengamuk tp klo dia minta sesuatu kepada ayahnya dan tdk d turuti dia tidak akan marah. kenapa yach anak saya seperti itu dan bagaimana cara mengatasinya

30 12 2010
inna

Bu, anak saya berumur 2 thn 5 bulan. Tapi kemampuan berbahasanya masih minim tdk seperti kebanyakan teman sebayanya yg sudah bisa berkomunikasi.Dia juga lebih suka bermain sendiri daripada bermain bersama teman sebayanya. Perlu ibu ketahui, anak saya sangat aktif. Apakah perkembangan bahasanya ini masih normal?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: