Tips Anak Batita yang Sulit Makan


Pertanyaan


Pertanyaan 1: Assalamu’alaikum, .saya mama d’ Fayed, 2,5 tahun, anak saya susah kali makan, udah kasih vitamin, tapi masih juga susah makan, gimana ya caranya biar anak saya mau makan, tolong minta tips nya ya,makasih……….!
Pertanyaan 2 : Assalammua’laikum…………… Saya mempunyai anak baru berumuh 1th,tapi paaaling susah makan…..???segala cara udah saya lakukan agar dia mau makan……
Saya ingin ank saya lahap makan seperti ank2 laennya…….
Gimana ya mbk caranya agr ank saya lahap makan n mau makan.. …..???
Mohon solusinya y mbk….???
Makasih mbk
wassalam……

Jawaban

Wa’alaykumsalam wr wb ,Dear Mama,

Mengenai anak yang sulit makan, pertama kali tentunya Ibu harus berkonsultasi pada dokter anak mengenai masalah tersebut. Dengan demikian bisa diketahui apakan masalah tersebut memiliki indikasi medis tertentu, Misalnya saja : masalah pada saluran pencernaan atas yg sempit, atau masalah pada enzym pencernaan anak.

Bila ternyata tidak ada indikasi medis tertentu dan lebih pada masalah psikologis, maka tentunya orgtua perlu memotivasi anak. Selain itu orgtua juga harus mengupayakan agar makanan yg dikonsumsi anak memiliki nilai gizi yg seimbang sehingga anak bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal. Dalam hal ini Ibu mungkin bisa berkonsultasi dengan ahli gizi mengenai asupan makanan yg perlu dikonsumsi oleh anak Ibu.

Hal yg perlu diingat oleh para orgtua adalah, anak yg sehat bukanlah anak yg gemuk. Selama berat badan anak berada pada kisaran normal untuk anak seusianya, maka orgtua tdk perlu khawatir berlebihan. Apalagi bila anak kita termasuk anak yg aktif. Anak-anak yg cenderung aktif biasanya memang terlihat lebih langsing dari anak-anak yg lain.
Untuk menambah selera makan, ada beberapa tips yg bisa Ibu lakukan :
1. Memfariasikan menu makanan anak.
2. Mempercantik tampilan makanan.
3. Pengaturan waktu pemberian cemilan/susu, sehingga saat waktunya makan anak benar2 merasa lapar.

Ibu tidak perlu memaksa anak untuk makan sampai anak menangis, misalnya. Karena semakin dipaksa, anak akan semakin benci terhadap waktu makan dan mungkin bahkan bisa mengasosiasikan bahwa waktu makan adalah waktu yg paling tidak menyenangkan bagi anak. Sebagai langkah awal, Ibu bisa membagi porsi makan anak menjadi beberapa bagian. sehingga porsi makan anak mjd lebih kecil, namun dgn frekuensi yg lebih sering. Lalu, seiring berjalannya waktu, sedikit demi sedikit porsi makannya bisa ditambah sampai sesuai dgn porsi makan yg seharusnya. Makan juga tidak harus berupa nasi.

Misalnya : perkedel kentang dengan daging giling, sandwich keju atau telur, macaroni schotel, atau bubur manado dengan segelas susu/jus buah bisa menjadi menu sarapan. Bila anak sulit makan sayur, kita juga bisa "menyembunyikan" sayur tersebut pada makanan yg ia suka, misalnya pada bakwan goreng, keripik bayam, nugget sayur, dll. Tentunya menu2 tersebut disesuaikan dengan usia anak. Untuk memperkaya ide, Ibu bisa membeli buku tentang menu makanan untuk Batita yg banyak dijual di toko buku.

Makan bersama, terkadang juga bisa menjadi solusi jitu bagi anak yg sulit makan. Dengan makan bersama, terutama dengan teman2 seusianya, biasanya anak akan termotivasi untuk makanan. Jangan lupa reward berupa pujian, setiap kali anak berhasil menghabiskan makanannya.

Demikian Ibu, mudah2an bisa sedikit membantu masalah sulit makan ini. Sun sayang saya untuk si kecil.

Wassalamu’alaykum wr wb
Fajriati Maesyaroh,Psi

4 responses

30 11 2009
Ditta octarina

Assallammualaikum jzk atas tipsnya aku praktekkan pd anakku yg kecil
Fajri masih inget aku ?

30 11 2009
sekolahbungamatahari

Wa’alaykumsalam wr wb. Jazaana wa iyyaki… InshaALLAH gak akan pernah lupa sama Ditta. Bgm kabarnya ukh?

6 02 2010
mama kafiyah

alhmd..cb nnt sy praktekkan bwt buah hati ku

10 05 2011
eave

saya sudah mempraktekkan segala macam cara, hasilnya anak saya tetap tdk mau makan. dia akan melepeh semua makanan yg dia tidak suka.
dia hanya mau makan nugget & sosis.
dia suka sekali susu. pernah saya berikan susu Pediasure, tapi hasilnya dia semakin tidak mau makan, mungkin krn susu tsb mengenyangkan.
anak saya kurus sekali sehingga tulang dadanya keliatan semua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: