Tidak Boleh Melihat Anak


Pertanyaan

ANAK SAYA UMUR 1TH 6BULAN SELAMA 9BULAN INI SAYA G BOLEH NMUIN ANAK SAYA OLEH MANTAN ISTRI KARENA TAKUT SAMA ORANG TUANYA,BGM PSIKOLOGIS ANAK SAYA JIKA TIDAK BERTEMU AYAHNYA SELAMA 9BULAN INI?

Jawaban

Assalamu’alaykum wr wb,

Saya bisa memahami bagaimana perasaan bapak yang tidak bisa bertemu dengan buah hati bapak selama berbulan-bulan, dan bahkan saat ini sudah hampir 1 thn bpk belum bs menemuinya.
Secara psikologis, saat ini, dengan usia anak yang masih terlalu dini, maka dampak psikologis perpisahan orgtua yang disertai dengan berbagai masalah (terutama masalah dalam pengasuhan anak), belum bisa terlihat dengan jelas. Tetapi, seiring dengan berjalannya usia anak, maka kondisi tsb akan mempengaruhi psikologis anak. KArena bagaimana pun, ketidak lengkapan orgtua dalam pengasuhan anak, sedikit banyak akan berpengaruh pada kepribadian anak.

Dalam kasus Bapak maka perpisahan antara bapak dengan istri yang disertai dengan masalah bahwa bapak tdk boleh menemui anak bapak, akan membawa dampak psikologis yang lebih besar bila anak bapak adalah laki-laki. Hal ini dikarenakan, dalam tumbuh kembang si anak, ia kehilangan figur seorang ayah yang harusnya menjadi role model/contoh bagi si anak dalam berperilaku. Shg dlm keseharian anak akan kehilangan figur ayah yg bisa menemaninya untuk melakukan aktivitas yg sifatnya maskulin, kehilangan figur yang bisa ia contoh dalam hal manajemen konflik yang biasanya laki-laki dituntut utk lebih bersikap rasional dari pada perempuan, dan ia juga kehilangan figur ayah yang bisa memberi contoh bagaimana menjadi seorg suami dan bapak sebagai bekal ketika kelak ia berumahtangga dan menjadi kepala keluarga.

Bila anak bapak perempuan, maka secara psikologis dampak yang akan timbul adalah adanya perasaan ditinggal oleh figur ayah yg seharusnya menjadi pelindung dan wali bagi dirinya.

Karena itu, saran saya, cobalah jalin kembali tali silaturrahmi yang telah putus dengan mantan istri bapak dan keluarganya. Mohonlah do’a kepada ALLAH SWT agar bapak diberi kekuatan agar bisa dekat dengan anak bapak dan menunaikan kewajiban bapak terhadap anak, sekaligus agar keluarga mantan istri bapak dibukakan hatinya untuk menerima bapak sehingga meski telah berpisah, bapak tetap bisa berhubungan dengan anak bapak tsb.

Demikian sharing dari saya, semoga ALLAH SWT memberikan jalan keluar terbaik untuk bapak.

Wassalamu’alaykum wr wb
Fajriati Maesyaroh, Psi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: