Menghilangkan Kebiasaan Saat Ngedot Anak Batita


 

Pertanyaan

Assalamu’alaikum… saya mama Danish.. umur 2,5 th.. gimana caranya menghilangkan kebiasaan dia pdsaat nge-dot – minum susu sambil memegang penisnya.? sampai umur berapa akan hilang kebiasaan itu ?

Jawaban

Wa’alaykumsalam wr wb,
Dear Mama …. Memegang penis ketika minum susu di botol atau ketika anak minum ASI merupakan salah satu cara anak dalam memenuhi kebutuhan akan rasa ‘nyaman dan aman’ pd dirinya.

Karena itu, kita tidak perlu menegurnya secara berlebihan, apalagi sampai memarahinya atau memukul tangannya ketika ia memegang penis. Yang bisa kita lakukan adalah berusaha mengalihkan perhatiannya pada hal lain dan memberikan benda lain yg bisa ia pegang. Misalnya, ketika si kecil minum susu, Ibu bisa memegang tangannya (yg biasa dia pakai untuk memegang penisnya) dengan lembut, lalu Ibu elus tangannya tersebut sambil Ibu bersenandung nina bobo. Atau Ibu bisa memberikan mainan yg lembut untuk ia pegang selama ia minum susu. Karena yg dibutuhkan anak adalah pemenuhan rasa nyaman dan aman tadi, maka hal itu lah yg hrs Ibu penuhi. InshaALLAH perlahan lahan, si kecil akan bisa meninggalkan kebiasaannya tersebut.

Demikian jawaban saya. Semoga bermanfaat ya Bu…. Sun sayang saya untuk Danish,
Wassalamu’alaykum wr wb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: