Tips Mendampingi Anak Belajar Menjelang Ujian


Pertanyaan

Mhn tips untuk mendampingi belajar disaat akan ujian…(sebentar lg mau ujian semester-anak 1 baru klas 2 di sdit )…Jzklh.

Jawaban

Wa’alaykumsalam wr wb
Bapak yg dirahmati ALLAH…

Mendampingi anak saat ujian sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ketika kita mendampinginya saat belajar sehari-hari. Hal yg penting bagi anak-anak kita yg baru pertama kali menghadapi ujian adalah pada usaha kita untuk membiasakan anak dengan berbagai instruksi yang biasanya ada pada soal2 ujian serta sikap yg harus ditampilkan anak saat ujian berlangsung.

Adapun tips2 yg bisa kita lakukan antara lain adalah :
1. Kenali modalitas belajar anak. Bila anak kita termasuk tipe auditori, maka kita bisa memberikan penjelasan secara lisan disertai dengan contoh2 yg konkrit. Diskusikan topik2 yg akan diujikan dengan memberikan pertanyaan2 secara lisan. Bila anak kita termasuk tipe visual, maka kita bisa membantunya membuat ringkasan dari materi yg akan diujikan disertai gambar2 dan pemberian warna pada “key words” yg harus diingat oleh anak.
2. Mengenalkan berbagai instruksi yg harus diperhatikan anak saat mengerjakan ujian. Misalnya : Menuliskan nama, tanggal dan kelas anak, Melingkari jawaban yang benar, Menggarisbawahi jawaban yg benar, Mewarnai jawaban yg benar dengan warna yg sudah ditentukan, Mencocokkan, Benar atau Salah, dll.
Untuk latihannya, Bapak bisa membuat soal2 yg sangat sederhana dan mudah dipahami anak. Karena tujuan utama kita adalah mengenalkan instruksi. Nanti, jika anak sudah memahami instruksi2 tsb, barulah kita bisa latihkan dengan menggunakan soal2 yg berkaitan dengan materi2 yg akan diujikan.
3. Mengenalkan sikap yg harus dilakukan anak saat ujian. Misalnya : Datang tepat waktu, mengerjakan semua soal yg diberikan guru (karena ada anak yg hanya mengerjakan halaman pertama saja krn dia tdk memahami bahwa ia juga harus mengerjakan semua halaman), mengerjakan soal2 dengan cepat (karena pd ujian ada batas waktu), mengerjakan sendiri (tidak bertanya pada teman), bila ada yg tidak dimengerti tanyakan langsung pada guru, dll.
4. Menciptakan suasana belajar yg menyenangkan dan tidak menuntut anak untuk mendapat nilai sempurna shg anak-anak juga tdk mengalami stress yg justru bisa mjd kontra produktif dgn performance mereka saat exam.
5. Berlatih soal, terutama untuk pelajaran Matematika. Dengan demikian diharapkan anak akan familiar dengan berbagai bentuk soal yg mungkin akan diujikan.
6. Untuk tahfidz qur’an, lakukan muraja’ah (mengulang dan menghafal ayat per ayat) setiap hari (misalnya, setiap selesai sholat maghrib menghafal 1 ayat saja). Karena itu, baiknya jauh-jauh hari kita mengetahui surat2 apa yg harus dihafal oleh anak shg pd saat ujian, anak tdk langsung dihadapkan untuk menghafal banyak ayat. Untuk target surat2/ayat2 yg harus dihafalkan, bisa kita tanyakn langsung pd guru tahfidz atau guru kelasnya.
6. Mengajarkan anak untuk berdo’a sebelum belajar dan sebelum mengerjakan soal. Berikan penjelasan kepada anak bahwa dengan mengingat ALLAH maka kita akan menjadi lebih tenang dan berharap agar Ilmu yg kita pelajari menjadi ilmu yg bermanfaat.

Demikian beberapa tips yg bisa saya sharing. Selebihnya InshaALLAH rasanya Bapak pasti bisa melakukan berbagai hal yg bisa membantu si Kakak dalam menghadapi ujiannya.
Salam sayang saya untuk si Kakak, “Selamat ujian ya Kak….. InshaALLAH, ALLAH pasti membantu anak yg sholeh seperti Kakak”.

Wassalamu’alaykum wr wb
Fajriati Maesyaroh,Psi

One response

11 04 2011
nuning wahyuni

tlg berikan saya tips mendampingi anak saat belajar….dengn kondisi anak kurng bisa mencerna pelajaran dengan baik…tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: