Mengatasi Ngompol Saat Bermain pada Anak Usia Sekolah


 

clip_image002

Post #1

Yayuk Suhartati

Saya punya anak wanita usia 6 th (SD kelas 1). Sampe skrg anak tsb suka ngompol waktu bermain / sedang asyik dgn sesuatu.Kalo saya perhatikan dia itu suka males ke WC karena keasyikan bermain. Selain itu juga setiap hari kalo malem ngompolnya sampe 3 kali. Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan tersebut.

 

clip_image003

Post #2

Ade Mulyati 9:24pm

anak yg suka ngompol,emang susah ya bu…sama dengan anak saya skrg kls 6 sd masih suka ngompol,di banding dengan dulualhamdulilah skrg sdh rada jarang,semenjak saya bawa terapi di bandung-cijerah disitu ada prof ,Dr mercedes disana anak saya di terapi jepit seminggu 3x alhamdulilahdari yg ngompol 5 menit sekali skrg 5 jam sekali lumayan bu,

 

clip_image004

Post #3

Fajriati M Badruddin

Wa’alaykumsalam wr wb,

Ibu Yayuk dan Ibu Ade, seperti jawaban saya sebelumnya untuk pertanyaan mengenai anak yg mengompol, maka ada baiknya bila anak Ibu diperiksakan ke dokter dahulu. Bila memang tidak ada kelainan pada organ/saluran kemihnya, maka kemungkinan besar dari penyebab ngompolnya adalah pada toilet trainingnya. Untuk kasus anak dari Ibu Ade, rasanya memang lebih menjurus ke arah medis mengingat seringnya ia mengompol (sampai 5 menit sekali). Karena sekarang sudah mulai berkurang frekuensi mengompolnya, maka tips toilet training di bawah ini bisa juga Ibu ade lakukan untuk anak Ibu.

Sedangkan pada kasus Ibu Yayuk, sepertinya penyebab mengompol anak Ibu lebih cenderung pada masalah psikologis (menahan pipis saat asik bermain) juga masalah pada toilet trainingnya. Karena itu, kita harus benahi segera masalah toilet training tersebut. Ingat! Kunci utama dari toilet training adalah konsistensi, apa lagi bila anak sudah menginjak usia di atas 3 thn. Tanpa konsistensi dan keshabaran dari orgtua, maka program toilet training ini tdk akan berhasil.

Ada pun tips2 yg bisa dilakukan orgtua antara lain adalah :
1. Tidak memberi minum dalam rentang waktu 1 jam sblm tidur.
2. Meminta anak untuk pipis sebelum tidur.
3. Anak tidak melakukan aktivitas fisik yg berlebihan menjelang waktu tidur.
4. Org tua perlu melakukan observasi, kapan tepatnya waktu anak mengompol (terutama di malam hari) sehingga sebelumnya orgtua bisa membawa anak untuk pipis di kamar mandi.

Misalnya, anak tidur jam 8, dan sebelumnya sdh pipis. Maka dalam jangka waktu 4 jam ke depan (berarti jam 12 malam), orgtua hrs membawa anak ke kamar mandi untuk pipis. Bila dalam jangka waktu 4 jam ternyata anak masih ngompol, berarti orgtua harus memajukan waktu menjadi 3 jam untuk membawa anak ke kamar mandi (berarti jam 11 malam). Bila dalam jangka waktu 3 jam masih juga mengompol, maka orgtua harus memajukan lagi waktunya menjadi 2 jam (berarti jam 10 malam). Dari base line waktu tsb, berarti setiap 2 jam sekali, orgtua perlu membawa anak ke kamar mandi utk pipis.

MashaALLAH… memang rasanya berat bu. Tapi InshaALLAH hasilnya pun akan sesuai dgn harapan kita. Lama kelamaan anak akan merasa bila ingin pipis, lalu bangun, dan pergi ke kamar mandi.

Mengenai malas ke kamar mandi bila sedang asik bermain, maka kita harus mengingatkannya bila kita melihat "gelagat" bahwa ia ingin pipis. Karena anak Ibu juga sudah besar, maka Ibu bisa mengajaknya untuk berdialog mengenai bahaya bila menahan pipis. Ibu juga bisa bekerjasama dengan dokter anak langganan untuk membantu menerangkan akibat bila suka menahan pipis.

Demikian Ibu, mudah-mudahan bisa membantu.
Wassalamu’alaykum wr wb
Fajriati Maesyaroh, Psi

2 responses

21 03 2011
FOTO MODEL INDONESIA

mantaps sekali tipsnya, baru tahu saya ada caranya ternyata, thanks ya..

28 07 2011
anida

murid saya sudah kelas 3 SD, tapi sampai sekarang masih saja suka pup di celana. ini terjadi hampir tiap hari. jika saya tanya kenapa pup di celana, dia selalu saja bilang tidak bisa nahan. tapi anehnya ini tiap hari dan klo sudah pup di celana, dia akan dengan sendirinya membersihkan diri di toilet. anaknya memang gendut, saya cba untuk mengkontrol makananya jika d sekolah, saya coba ingatkan juga tiap jamnya. tp tetap saja dia pup di celana. hal ini sudah diketahui oleh kedua orang tuanya. maka itu.. dia selalu dibekali celana ganti tiap harinya. bagaimana ya bu, supaya anak ini mau pup di toilet..? saya kewalahan menangani ini. mohon info serta tips2nya .. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: