Mengatasi Ngompol pada Anak Usia 7 tahun


Pertanyaan

Aslm.saya ada keponakan perempuan usia 7th, sampai sekarang masih sering ngmpol. Bagaimana spy tdk ngmpol lg dan apa ada kelainan pd keponakan saya. Thanks.wslm

 

Jawaban

clip_image003

Post #2

Fajriati M Badruddin

Wa’alaykumsalam wr wb,
Ibu Neka, ada baiknya keponakan Ibu diperiksakan ke dokter dahulu. Bila memang tidak ada kelainan pada organ/saluran kemihnya, maka kemungkinan besar dari penyebab ngompolnya adalah pada toilet trainingnya.
Bila penyebab mengompolnya memang karena masalah pada toilet trainingnya, maka kita harus benahi segera. Kunci utama dari toilet training adalah konsistensi, apa lagi bila anak sudah menginjak usia di atas 3 thn.

Ada pun tips2 yg bisa dilakukan orgtua antara lain adalah :
1. Tidak memberi minum dalam rentang waktu 1 jam sblm tidur.
2. Meminta anak untuk pipis sebelum tidur.
3. Anak tidak melakukan aktivitas fisik yg berlebihan menjelang waktu tidur.
4. Org tua perlu melakukan observasi, kapan tepatnya waktu anak mengompol (terutama di malam hari) sehingga sebelumnya orgtua bisa membawa anak untuk pipis di kamar mandi.

Misalnya, anak tidur jam 8, dan sebelumnya sdh pipis. Maka dalam jangka waktu 4 jam ke depan (berarti jam 12 malam), orgtua hrs membawa anak ke kamar mandi untuk pipis. Bila dalam jangka waktu 4 jam ternyata anak masih ngompol, berarti orgtua harus memajukan waktu menjadi 3 jam untuk membawa anak ke kamar mandi (berarti jam 11 malam). Bila dalam jangka waktu 3 jam masih juga mengompol, maka orgtua harus memajukan lagi waktunya menjadi 2 jam (berarti jam 10 malam). Dari base line waktu tsb, berarti setiap 2 jam sekali, orgtua perlu membawa anak ke kamar mandi utk pipis. MashaALLAH… memang rasanya berat bu. Tapi InshaALLAH hasilnya pun akan sesuai dgn harapan kita. Lama kelamaan anak akan merasa bila ingin pipis, lalu bangun, dan pergi ke kamar mandi.

Demikian Ibu, semoga bisa membantu. Salam sayang u keponakannya ya Bu……
Wassalamu’alaykum wr wb

Fajriati Maesyaroh, Psi

 

clip_image004

Post #3

Miranty Agustiany Chairumsari

Assalamu Alaikum wr wb
Saya setuju dengan saran ibu Fajriati, karena saya pernah mengalaminya dan menjalankan seperti yang ibu sebutkan di atas….memang awalnya terasa berat tapi kalau kita jalani dengan ikhlas dan keinginan yang kuat untuk menjadikan anak yang lebih baik Insya Allah semuanya akan lancar2 aja….
Wassalam
Miranty A. Chairumsari

One response

9 01 2011
Dinar

saya kok masih ngompol padahal saya sudah pipis ketika malam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: