Mengatasi Cemburu si Kakak


Pertanyaan

ass…. wb.. anak saya 2 laki laki semua , yang satu umur 8 tahun dan yang kecil umur 1,8 bln.. anak yang besar sekarang berubah menjadi nakal dan pembangkang, saya tahu dia itu cemburu sama adiknya, walaupun terkadang dia kelihatan sangat sayang… aku bingung bagaiman harus menghadapi anakku yang pertama itu..

Jawaban

Wa’alaykumsalam wr wb,

Ibu, Pasti seru sekali ya Bu menghadapi 2 jagoan cilik…. InshaALLAH barokahNYA senantiasa tercurah untuk Ibu dan keluarga.

Ibu, satu-satunya cara meminimalisir rasa cemburu pada anak adalah dengan memberi perhatian padanya. Tidak ada cara lain selain Ibu dan Ayah harus mulai mengatur waktu dan jadwal harian, sehingga dalam setiap harinya Ibu dan Ayah memiliki waktu spesial yg hanya dihabiskan berdua antara Ibu atau Ayah dgn setiap anak.

Khusus untuk si Abang, ada baiknya Ibu meminta Ayah untuk ikut beraktivitas bersama Abang. Mengingat usianya yg sudah 8 thn, tentunya Abang butuh figur seorg lelaki dewasa yg bisa menjadi teladan bagi dirinya dalam berperilaku.
Berikan waktu spesial untuk setiap anak di setiap harinya. Pd waktu tsb, Ibu hanya boleh beraktifitas dengan Abang tanpa gangguan dr adik. Begitu pula ketika waktu spesial dg Ayah, maka Adik tdk boleh menganggu. Waktu spesial tersebut tdk perlu lama. Misalnya saja untuk Ibu, bila tdk bekerja, bisa meluangkan waktu 30 menit setiap hari bersama Abang. Dan untuk ayah, bisa meluangkan waktunya saat week-end untuk melakukan berbagai aktivitas yg sifatnya maskulin, seperti mencuci mobil/motor, pergi ke bengkel, bermain bola, bermain gulat, jogging, berenang atau sekedar bercerita tentang pengalaman ayah waktu kecil.

Saat spesial time tsb, Ibu dan Ayah bisa menanamkan nilai2 yg kita harapkan bisa tumbuh dalam diri anak. Misalnya saja, dengan bercerita mengenai kisah para Nabi dan Sahabat2nya, cerita kura2 dan monyet yg di dalamnya mengandung nilai tidak boleh serakah, cerita mengenai Adi yg punya adik baru, dll. Kita bisa mengarang sdr cerita sesuai dgn tema karakter yg ingin kita bangun pd diri anak.

Jangan lupa untuk memberikan pujian, pelukan, dan mengucapkan kata2 cinta untuk anak kita, sehingga anak yakin bahwa kita, orgtuanya, sangat mencintai dan menyayanginya.

Selebihnya, Ibu dan Ayah tentunya lebih mengenal diri dan karakter Abang, sehingga Ibu bisa berkreasi menciptakan berbagai aktivitas yg sesuai dgn minat anak.
Demikian Ibu, smg bisa bermanfaat.

Sun sayang saya untuk ke2 jagoannya ya Bu….

Wassalamu’alaykum wr wb,
Fajriati Maesyaroh, Psi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: