Menasihati Anak Berulang Kali, Anak Tak Kunjung Berubah


PERTANYAAN

Assalamu’alaikum Wr Wb, Bagaimana cara menghadapi anak2 yang berkali2 dinasehati ttapi tetap belum bisa berubah? mohon sarannya,sblumnya trima kasih

JAWABAN

Mengasuh dan mendidik anak, memang diperlukan keshabaran extra dan konsisitensi yang terus menerus. Shabar dan Konsisten adalah 2 Vitamin yg perlu kita suplai dalam menghadapi segala perilaku anak.

Yang perlu kita ingat sbl kita “bertindak” atau “berespon” thd perilaku anak adalah :

1. Segala perilaku, atau tindakan, atau respon kita thd anak, maka semuanya akan mjd “referensi” bagi anak. Jd, bila perilaku, tindakan atau respon kita cenderung bersifat negatif atau positif, maka hal2 yg negatif dan positif itu-lah yg akan menjadi “makanan” bagi anak2 kita kelak. Dan nantinya, karakter anak yg kelak terbentuk juga akan sesuai dengan “makanan” tsb. Karena itu, perlu disadari oleh kita agar senantiasa berpikir jernih sblm kita melakukan sesuatu, karena kita adalah role model utama bagi anak, yg kelak akan sangat berpengaruh pada pembentukan karakter anak.

2. Biasanya, anak menunjukkan perilaku tertentu tidak lain dan tidak bukan adalah bertujuan utk menarik perhatian, terutama perhatian dr orgtuanya. Bisa jadi perilaku yg ditunjukkan anak bukanlah perilaku yg kita harapkan. Karena itu, kita harus mensikapi semua perilaku anak dengan lebih bijak. Berikan perhatian yg cukup utk masing2 anak scr spesial. Berikan perhatian dan penguatan atau reward terhadap perilaku positif yg ditunjukkan anak, meski perilaku tersebut tampaknya sepele buat kita.

3. Pendidikan karakter adalah proses. Tdk ada resep instant yg bisa membentuk karakter2 positif pada anak. Karena itu, kita tdk boleh bosan utk selalu memberikan nasihat kpd anak-anak kita. Hanya saja, cara dan bentuk memberikan nasihat sebaiknya disesuaikan dgn usia, kemampuan daya pikir, kemampuan bahasa dan sifat yg dimiliki masing2 anak. Reward Chart dgn sistem bintang, membuat jadwal kegiatan harian, story telling atau mendongeng, “nge-date” atau special time bersama anak, banyak berdialog dengan anak adalah beberapa cara yg bisa diterapkan orgtua dalam membentuk karakter positif dan disiplin pada anak. Kita sbg orgtua jgn pernah pelit utk melontarkan kata-kata yg baik atau pujian kpd anak. Misalnya : Bila si Kakak yg 9 thn membereskan kamarnya sdr sesuai dgn jadwal kegiatan harian yg sudah ditetapkan bersama, maka berikan-lah ia pujian. Katakan padanya : “Subhanallah… anak Ibu yg cantik dan shalihat…Terimkasih ya sdh membantu Ibu dengan membereskan kamar sendiri. Betapa Ibu bangga sama Kakak….”.

Dan sebaliknya, ketika si Adik yg 4 thn tdk mau sholat, Ibu tdk perlu berteriak2 menyuruh sholat, tapi ibu bisa mengatakan kepadanya : “Ayoooo…. siapa yang mau masuk surgaa….. Nanti di surga kita bisa minta apa saja sama ALLAH… Bisa makan ice cream se-gede gunung, makan permen se-gede bantal….Kalau mau ke surga, yukkk kita sholat….”

InshaALLAH, usaha kita bertahun-tahun lamanya mendidik anak kita dgn kerja keras, kerja sama dgn sang ayah, do’a dan air mata pasti akan membuahkan hasil. Biasanya sejalan dengan perkembangan daya pikir dan bahasanya, anak akan mengadaptasi semua nilai-nilai yg kita terapkan di rumah. Shg menjelang remaja kelak, kepribadian dan karakter yg terbentuk pd anak-anak kita adalah kepribadian dan karakter yg positif, shg ia akan berkembang mjd seorg individu yg mandiri, percaya diri, tangguh, selalu berpikir positif, empati, jujur, takut kpd TuhanNYA dan sayang thd ayah bundanya.

4. Banyak berdo’a kepada ALLAH SWT, karena hanya DIA-lah semata yg bisa menjaga anak-anak kita tanpa lengah dan lelah. Bermohonlah juga kepadaNYA agar kita bs mjd orgtua yg amanah, shabar, bijaksana, cerdas dan kreatif dalam mengasuh dan mendidik anak-anak yg DIA titipkan pd kita.

Demikian sharing dari saya. Terimakasih banyak kpd Bunda semua atas kepercayaannya. Sun sayang saya utk sang cahaya mata….

Wassalamu’alaykum Wr Wb,
Fajriati Maesyaroh, Psi
http://www.rumahbungamatahari.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: