Anak yang Senang Kotor2an Vs Fanatik Kebersihan


 

Pertanyaan

Kami mempunyai anak yg berbeda pola bermainnya,yg satu seneng main kotor2an dan yg satu hdpnya condong fanatik akan kebersihan.bgm cara menangulangi anak yg seneng bermain kotor2an pdhal umurnya relatif udah mengerti 7 th an.thanks

Jawaban

Assalamu’alaykum wr wb,
Dear Ibu, setiap anak adalah unik. Tidak ada satu anak dengan anak yg lainnya sama persis. Bahkan anak kembar pun akan berbeda.

Bagi anak-anak, dunia bermain adalah dunia dimana ia bisa banyak mendapatkan pelajaran. Dengan bermain, anak bisa melakukan berbagai eksplorasi terhadap lingkungannya, belajar beradaptasi dan berinteraksi, bahkan belajar menyelesaikan masalah.

Karena itu, Ibu perlu memperhatikan jenis mainan kotor2an seperti apa yang dilakukan oleh putra/i Ibu. Bila misalnya, ia bermain bola sampai bajunya kotor, atau membuat vas bunga atau kerajinan dari tanah liat, atau melukis dengan cat, atau membuat istana dari pasir, atau hanya sekedar bermain hujan, maka yg perlu Ibu lakukan adalah memberi aturan bermain pada anak dan bukan menyuruhnya menghentikan permainan tersebut.

Bila yang Ibu khawatirkan adalah masalah baju yg kotor, maka Ibu bisa memberikan alternatif "pakaian bermain" yg bisa ia gunakan saat bermain. Tentunya, pakaian bermain itu tdk perlu yg bagus, dan tidak berwarna putih. Dengan demikian, "PR" cucian kita tdk terlalu berat.

Bila yg ibu khawatirkan adalah masalah kuman, maka Ibu bisa membuat aturan bahwa setiap kali selesai bermain, anak harus cuci tangan dengan sabun atau mandi dengan sabun antiseptik.

Jadi, Ibu tidak perlu melarang anak untuk bermain, tetapi Ibu hanya perlu memberikan aturan mengenai pakaian yg harus digunakan serta mengenai kebersihan tubuh setelah bermain.

Selain itu, ajak anak berdialog mengenai pentingnya menjaga kebersihan tubuh. Jika perlu, sebaiknya gunakan alat peraga bagaimana cara mencuci tangan yg benar, bagaimana kuman2 bisa menular, apa yg harus dilakukan bila batuk dan bersin, dan penyakit2 apa saja yg bisa timbul bila kita kurang menjaga kebersihan. InshaALLAH, anak-anak juga akan mengerti pentingnya menjaga kebersihan tubuh bagi kesehatan.

Demikian Ibu Asty, semoga bisa bermanfaat.

Wassalamu’alaykum wr wb
Fajriati Maesyaroh, Psi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: