Anak 2 SD Superaktif dan Suka Melawan


Pertanyaan

Assalamualaikum, sy punya anak laki skarng kls 2 SD termasuk super aktif dn suka melawan klo ada keinginannya yg blm dipenuhi. Mhon solusinya trma kasih
Wa’alaykumsalam wr wb

Jawaban

Bpk Muhammad Nasir yg dirahmati ALLAH…
Masalah yg bapak hadapi saat ini mengenai putra Bapak sangat erat kaitannya dengan pola asuh dan disiplin yang diterapkan di rumah. Jadi, coba Bapak bersama Ibu saling berdiskusi dan mengevaluasi kembali pola asuh dan disiplin yg selama ini diterapkan.

Sebagai langkah awal, Bapak dan Ibu bisa memulai dengan pertanyaan : “Dalam kurun waktu 20 thn mendatang, karakter apa sajakah yg diharapkan terbentuk pada diri anak2 kita?”
Setelah Bapak dan Ibu me-list berbagai karakter yg diharapkan ada pada anak2 kelak, baru lah Bapak dan Ibu bisa berdiskusi tentang bagaimana cara membentuk karakter tsb.

Misalnya saja, bila kita menginginkan anak2 kita menjadi pribadi yg tangguh, yang tidak mudah stress, maka hal itu tidak akan bisa terwujud bila saat ini kita selalu menuruti apa keinginan anak shg anak tidak pernah belajar bagaimana mengatasi rasa kecewa dan berjuang untuk mendapatkan sesuatu.

Bila kemudian Bapak dan Ibu sudah mendapat formula mengenai pola asuh dan disiplin yg akan diterapkan, maka langkah selanjutnya adalah meng-KONSISTENkan pola asuh dan disiplin tersebut. Karena, meski formula pola asuh nya sudah baik tetapi bila tdk dijalankan secara konsisten, maka hasilnya pun tidak akan terlihat
Jangan lupa, komunikasi dan dialog mutlak diperlukan. Apalagi mengingat bapak adalah role model bagi anak laki2 yg akan dicontoh dan diteladani baik sikap mau pun perilakunya. Karena itu, baik sekali bila bapak merancang waktu spesial bersama putra bapak, dimana pd waktu itu Bapak dan putra bpk bisa melakukan berbagai aktivitas sambil “mentransfer” berbagai nilai yg ingin bapak tanamkan pd diri putra bapak melalui dialog yg santai dan terbuka.

Mengenai super aktif nya, Bapak bisa mengarahkan putra Bapak untuk banyak melakukan aktifitas fisik yg bermanfaat. Misalnya saja, berenang dan hiking. Selain itu, Bapak juga bisa mengajak anak untuk bergabung ke dalam klub olahraga yg disukainya, sehingga selain dapat bersosialisasi, anak juga bisa belajar bersikap sportif dan disiplin.

InshaALLAH, dgn niat dan usaha yg baik, ALLAH SWT pasti membantu kita mjd orgtua yg shabar, bijak dan cerdas dalam mendidik anak2 kita semua.

Salam saya untuk Ibu dan anak2,
Wassalamu’alaykum wr wb,
Fajriati Maesyaroh, Psi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: