Anak 6 tahun Hiperaktif Belum Lancar Bicara


Pertanyaan

Anakku hiperaktif bgt,,usiany 6 thn,skrg msh kls TK A,,ngomongny lom lancar,,sulit u/ fokus n konsentrasi,,jail bgt sma tmn”ny(hitting n splitting)..
Ktny sh g blh mkn mkanan brbhn dsar tep.terigu. Trus anakku mkn ap dunk?!
Help me please..

Jawaban

Assalamu’alaykum wr wb,

Dear Ibu Dwi Hastuti yang dirahmati Allah….

Dari sekilas pertanyaan yang ibu ajukan, rasanya memang ada beberapa tugas perkembangan untuk anak usia 6 thn yg belum dicapai oleh anak Ibu. Yaitu : kemampuan bicara, kemampuan konsentrasi dan kemampuan untuk berinteraksi dengan teman sebaya.

Apakah sebelumnya ananda sudah pernah mendapat diagnosa tertentu dari psikolog anak atau dokter? Jika belum, baiknya Ibu segera membawa ananda untuk melakukan asessment sehingga jelas diagnosa/masalahnya.
Bila Ibu tinggal di Jakarta, Ibu bisa menghubungi Biro Psikologi Bunga Matahari, Jln Cipinang Muara Raya No.17 Rt.18 Rw.3 Cipinang Muara Jak-Tim, Telp 021-8509034. Atau Ibu bisa juga menghubungi Klinik Tumbuh Kembang yg terdekat dengan tempat tinggal Ibu.

Bila sudah jelas masalahnya, maka biasanya psikolog atau dokter akan menyarankan jenis2 terapi apa yang perlu dilakukan oleh ananda.

Mengenai diet makanan tertentu, Itu biasanya baru akan dilakukan ketika anak kita sudah mendapatkan diagnosa dan melakukan tes alergi. Namun memang sebaiknya, untuk anak yang cenderung hiperaktif, akan disarankan untuk melakukan diet terhadap makanan/minuman yang manis atau mengandung gula karena makanan/minuman tersebut akan membuat anak seperti mendapat tambahan energi baru. Sedangkan diet terhadap makanan yang berbahan dasar terigu (gluten free) biasanya dilakukan bila anak mendapat diagnosa Gangguan Perkembangan (Perphasive Developmental Disorder) atau yg biasanya lebih dikenal dengan ASD (Autism Spektrum Disorder).

Untuk menyalurkan hiperaktifitasnya, sebaiknya ananda banyak melakukan kegiatan yang bisa “memuaskan kerja ototnya”. Misalnya saja : jalan kaki setiap pagi atau sore, berenang, dan hiking.

Saya harap, Ibu bisa segera melakukan asessment untuk ananda, sehingga jelas masalah dan terapi nya. InshaALLAH semakin cepat semakin baik.

Wassalamu’alaykum wr wb,
Sun sayang saya untuk ananda,
Fajriati Maesyaroh, Psi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: