Anak 6 tahun belum Mengerti Bahasa dan Kurang PD


Pertanyaan

Ass.wb.anak saya perempuan umur 6th9bln dia msh blm bisa ngerti bhs,spt:baca soal,perintah,msh blm ngerti & dia juga minderan dirumah dia ga mau main dgn temen sebayanya kalopun mau dia bisanya main sama 1-2 anak saja lbh dari itu dia "mundur",di skolah dia juga takut dgn bbrp anak yg cuman diplototin saja anak saya sdh nangis.Yg saya ingin tanyakan cara menghadapi/mengatasinya bgm?

Jawaban

Wa’alaykumsalam wr wb.

Dear Ibu yg dirahmati Allah….
Membaca sekilas keterangan mengenai kondisi putri Ibu, saya menyarankan agar Ibu sebaiknya segera membawa putri Ibu tersebut ke psikolog anak atau klinik tumbuh kembang yg terdekat shg bisa diketahui dengan jelas apa masalah putri Ibu yg sebenarnya.

Yg lbh menjadi concern bagi saya adalah mengenai perkembangan bahasa dan kognisi dari putri Ibu yg tampaknya (dr keterangan yg Ibu tuliskan) beradadi bawah kemampuan anak-anak seusianya. Karena itu perlu dilakukan asessment thd putri Ibu, shg bisa diketahui apakah hal tsb berhubungan dgn tingkat inteligensinya, atau apakah putri Ibu mengalami gangguan bahasa.

Bila sdh diketahui masalahnya, maka akan dibuat program yg sesuai dgn kebutuhan putri Ibu. Jd, segera dikonsultasikan ya Bu? Nanti, kalau sdh ada hasil diagnosanya, kita bisa diskusikan lg u beberapa program ygbs Ibu lakukan dirumah.

Untuk sementara, Ibu bisa melakukan beberapa aktivitas berikut :

1. Membaca cerita pendek. Ibu membacakan 1 kalimat saja. Setelah itu,Ibu bisa tanyakan ttg hal yg ada dlm kalimat yg ibu bacakan tadi.
Misalnya : Pada hari Minggu, Saliha pergi ke kebun binatang bersama Ayah dan Ibu.
Ibu bisa bertanya : Siapa yg pergi ke kebun binatang bersama Ayah dan Ibu?, Kapan Saliha pergi ke kebun binatang?, Dengan siapa Saliha pergi ke kebun binatang?
Bila dalam waktu 2 minggu putri Ibu bisa menjawab pertanyaan dari1kalimat, maka Ibu tambahkan lagi mjd 2 kalimat dan buatlah pertanyaan dr 2 kalimat tsb. Bila 2 minggu target sdh tercapai, maka Ibu bs meningkatkan lg mjd 1 paragraf, dst , sampai Ibu bs membacakan seluruh isi cerita dan meminta putri Ibu untuk menceritakan kembali secara singkat mengenai isi cerita td.

2. Setiap kali putri Ibu selesai beraktivitas,maka Ibu bs bertanya mengenai aktivitasnya tsb. Misalnya,Ibu dan putri Ibu pulang dari supermarket. Maka setelah tiba di rumah,Ibu bisa mengajukan bbrp pertanyaan,misalnya :
– Kakak tadi pergi ke mana? Bila ia tdk bisa mjwb,maka Ibu bs memberikan pilihan : apakah pergi ke supermarket,ke pasar, atau ke sekolah? Bila ia terlihat masih bingung juga,maka ajukan pertanyaan yg bisa dijawab dgn ya atau tdk. Misalnya : Apakah td kita pergi ke sekolah?
3. Bermain tebak ABC. Yaitu dengan menaruh sejumlah jari, lalu kita menghitung jumlah jari tsb dgn alphabet : A, B, C, D, dst. Bila misalnya tiba di huruf D,maka kita meminta anak menyebutkan sesuatu yg dimulai dengan huruf D, misalnya : nama binatang,dll.

Intinya,setiap kali anak beraktivitas,maka kita harus"cerewet" bertanya dgn berbagai jenis pertanyaan, mulai dari yg simpel (ya/tdk) sampai : Apa, siapa, dimana,kapan, mengapa dan bagaimana. Bila anak belum bisa menjawab pertanyaan yg sifatnya abstrak, misalnya: kapan (konsep waktu), mengapa, dan bagaimana, maka kita hrs mengkonkritkan pertanyaan tersebut dan atau dengan memecah pertanyaan tsb dgn pertanyaan yg lebih simpel. Setelah itu baru kita ajarkan "kunci" dr setiap pertanyaan. Misalnya : bila ditanya siapa, maka jawabannya haruslah orang atau nama seseorg, dll.
Demikian Ibu Apriani, Mudah2an bisa bermanfaat. Saya tunggu kabarnya bila sudah konsultasi ya Bu….
Salam sayang saya untuk putrinya.

Wassalamu’alaykum wr wb
Fajriati Maesyaroh, Psi

One response

1 12 2009
Nani

Ass Mba Fajriah, bbrp wkt y.l saya sdh mengirim pesan melalui fb saya ttg perkembangan anak saya yg kebetulan dimuat ini. Alhamdulillah ttg pengolahan bahasa sdh ada progress yg msh blm adalah bersosialisasi dgn temen2,tp progressnya dia sdh banyak cerita kalau temen2nya suka begini..begini…ya saya beritahu dia menggunakan bahasanya dia & Alhamdulillah sedikit demi sedikit dia sdh menerapkan apa yg saya beritahu..walaupun msh hrd ada peningkatan2 lagi..

Terima kasih atas saran yg diberikan bbrp wkt lalu,jika ada yg mau saya tanyakan lagi akan saya hub.lagi

Wass,
Nani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: