Tugas Perkembangan Remaja


Pertanyaan

ikut gabung ya…… psikology anak remaja itu tahapannya gimana/???
apakah remaja cenderung suka melawan dan berontak ?? trus solusinya apa……..

Jawaban

Assalamualaykum,
Secara umum fase kehidupan di dalam Islam adalah sebagai berikut : Bayi, Thufulah (anak2), Tamyiz (Bisa Membedakan), Taklif/Akil Balig (Bertanggung jawab/akalnya telah sampai). Sehingga dengan demikian tidak dikenal istilah remaja dalam fase kehidupan Muslim. Karena begitu dia taklif (Akil Balig) dia telah bertanggung jawab sebagai seorang yang dewasa.
Namun di dalam dunia psikologi praktis, ternyata ada satu fase yang disebut dengan remaja dengan segala cirinya. Hal ini disebabkan karena pada umumnya ada beberapa tugas perkembangan yang terlewatkan ketika sang Remaja tersebut menginjak dewasa (taklif).

Sebagai contoh, sebagai seorang dewasa kemandirian dan tanggung jawab sudah harus dimiliki seseorang yg berusia remaja, hal ini sebenarnya bisa dimulai sejak dini, tentunya sesuai dengan tingkatan usia masing2.
Seorang anak balita, sudah bisa diajarkan untuk membereskan mainannya dimasukkan ke dalam kotak setelah selesai bermain. Anak usia sekolah bisa diperkenalkan tanggung jawab atas PRnya tanpa perlu lagi harus disuruh oleh orang tuanya. Ia juga sudah diperkenalkan dan harus sudah bisa membedakan antara yg baik dan kurang baik untuk dirinya.
Selain itu masalah kematangan emosi juga harus diperhatikan. Untuk anak Balita bisa mulai diperkenalkan macam2 emosi. Ketika dia sedih, dia bisa bilang "Bunda, saya sedang sedih", sehingga setelah dia mengenal emosi saat itu, lambat laun dia akan mengetahui cara mengatasinya saat dia mengalami emosi yg sama. Kecerdasan emosi yg dilatih sejak kecil ini akan menjadikan saat dia berusia remaja, dia sudah matang secara emosi, dapat mengemukakan pendapatnya, mengekspresikan perasaannya dengan cara yg tepat.

Dari definisi Ilmu Psikologi : Remaja merupakan suatu masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Adapun ciri-ciri dari masa remaja antara lain :
-pertumbuhan fisik yang cepat
-emosi tidak stabil
-perkembangan seksual sangat menonjol
-cara berpikirnya kausalitas (hukum sebab akibat)
-terikat pada kelompoknya

Jika tugas perkembangan sebelum usia remaja dipenuhi, maka perkembangan fisiknya akan dibarengi dengan kematangan emosi dan tanggung jawabnya/berpikir kausalitas (tamyiz) sebagai seorang yg dewasa. Ia juga akan bisa memilih teman dekat yg baik baginya dan membatasi pergaulan tanpa bersikap masa bodoh dengan teman yg kurang baik bagi diri dan agamanya. Hal ini juga dapat terlihat dari interaksi sosialnya yang baik dengan lingkungannya

Pada saat usia remaja, tugas perkembangannya adalah sebagai berikut
1. Mampu menerima keadaan fisiknya
2. Mencapai kemandirian secara emosi
3. Memperluas hubungan dengan tingkah laku sosial yang lebih dewasa
4. Mengetahui seta menerima kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki
5. Membentuk nilai moral sebagai dasar untuk berperilaku
Karena pada masa ini remaja sedang dalam pencarian jati diri/identitas (role diffusion) maka, peran orang tua/ustad/guru/teman dekat sebagai teman diskusi dalam hal ini akan sangat membantu dia menemukan tujuan dan nilai2 hidup yang harus dia anut. Sehingga tiap gerak langkahnya, sang remaja akan selalu dilandasi dengan sifat tanggung jawbnya.

Wallahu A’lam
Erwin Nugroho

3 responses

30 11 2009
febriyanti

Asswrwb.Anak sy [pr] seklh dipsntrn SMPIT di, kl Bogor kls 2. Klo lbr plg kermh suka mnt izin jln2 ke mall sm tmn2 SMPnya [mkn2 n nonton bareng2] tp sy blm pernah mengizinkan, Apakah salah tindak sy ini bu? bagaimana sikap sy sebaiknya? Trimakasih bu atas jawabannya.

9 02 2010
susi syamsuddin

Assalamualaikum wrwb. Anak remaja saya (lk) umur 14 tahun amat sangat pemalu. di sekolah sukanya menyendiri, walaupun duduk2 dengan teman2nya tapi dia hanya berdiam diri. smentara hobinya di rumah maen game, komputer dan menggambar. kalo menggambar sih saya akui sangat bagus hasilnya walaupun hitam putih dan memakai pulpen (bukan pensil). jadi dia suka buat cerita. saya sebagai ortu, susah karena anak laki saya ini tidak bergaul dn amat sangat malu. gimana cara memperbaikinya.

Terima kasih atas jawabnya.

19 03 2010
haris

ass,wr wb.
ibu yang terhormat,
anak sy umur 13 th menjelang UAN SMP 29 maret 2010 senin lusa,
sy sangat kuatir dg persiapan ujiannya bu, hasil TO maupun pra UAN tdk masuk(TL} ,namun hasil TO di tempat les terahir masuk meski minim,
apa yg harus sy lakukan bu,belajarnya cuma sebentar,sy ajak belajar bersama
diabaikan,
belakangan banyak sy nasehati untuk lebih serius belajar karena waktu ujian sudah dekat, mungkin anak tdk suka diomongin terus,
teorinya win win solution tp prakteknya bimbing anak ga semudah itu juga bu ya,,,
tolong bu ya.. bagaimana tip praktisnya SEMINGGU LAGI menjelang UAN ,
terima kasih atas respon ibu sebelumnya
wassalam.
tapi kalo gak di ingetin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: