Anak Satu Tahun Sangat Aktif dan Belum Bisa Bicara


Pertanyaan

Ass.wr.wb,,saya mempunyai anak berumur 1,5 thn sangat aktif dan tidak bisa diam,,suka ngoceh2 sendiri tp blm bisa berbicara,,menyebut mama papa jg blm bs,,apakah anak saya ini normal…????
Jawaban

Wa’alaykumsalam wr wb,

Dear Ibu Tina, bila anak usia 1,5 thn terlihat sangat aktif dan belum bisa bicara, sebenarnya masih bisa dikatakan wajar.

Namun, Ibu perlu juga memperhatikan beberapa hal lain yg bisa menjadi indikator apakah anak Ibu mengalami gangguan perkembangan atau tidak. Yaitu :
- Apakah anak Ibu tertarik pada anak-anak lain?
- Apakah anak Ibu dapat menunjuk atau memberi tahu ketertarikannya pada sesuatu?
- Apakah anak Ibu pernah membawa suatu benda untuk diperlihatkan pada Ibu atau Bapak?
- Apakah anak Ibu dapat menirukan tingkah laku Ibu?
- Apakah anak Ibu memberikan respon bila dipanggil namanya?
- Bila Ibu menunjuk mainan dari jarak yg agak jauh, apakah anak Ibu akan melihat ke arah mainan tersebut?

Bila ada jawaban TIDAK untuk 2 pertanyaan atau lebih, maka Ibu sebaiknya segera berkonsultasi dengan profesional yg ahli dalam perkembangan anak. Jangan ditunda2, karena bila anak mengalami gangguan perkembangan, semakin dini diketahui dan segera dilakukan intervensi, maka hasilnya pun akan jauh lebih baik.

Demikian jawaban dari saya. Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaykum wr wb,
Fajriati Maesyaroh, Psi

3 responses

25 12 2009
Arief - yuni

Ass.wr.wb, saya punya anak kembar, laki2 umur 2 thn 4 bln. Sampai sekarang belum bisa merangkai kalimat, hanya sedikit kata2 yang bisa (lebih baik adiknya menyebutkan kata dari abangnya). Anaknya cukup aktif, kami tinggal di lingkungan komplek perumahan perkebunan kelapa sawit di kalimantan, jarak ke kota sekitar 3 jam, paling satu bln sekali turun ke kota, bagai mana cara atau trik supaya anak saya bisa lancar berbicaralah, mohon tanggapannya, terima kasih.

Salam saya
Mama& papa

6 02 2010
syifha

Ass. Wr. Wb
Thanx bgt niy, atas infonya. sebelum salam kenal dari aq, syifha dari pondok bambu jakarta timur.
kebetulan topik ini menarik pas bgt dgn kondisiku. putraku “SHULA” usia 1thn 8bln. dia blm pandai bicara tp dari uraian diatas sepertinya tdk ada kata TIDAK, karna anakku sdh mengerti hny blm dpt bicara saja. Skalian tanya boleh ? perlu ga siy aq konsul ke ahlinya? kira2 batas usia brp dia bisa bicara?
Makasiy sebelum dan sesudahnya.
Wassalam…

22 05 2011
Atika

Assalamu’alaikum.. wr.wb..

Ibu yth…
Saya mempunyai anak umur 2thn, Laki-laki. Sang anak memiliki beberapa kebiasaan yang cukup menggangu orang disekitar dan bagi dirinya sendiri, yaitu anak saya memiliki kebiasaan suka atau mudah gemes terhadap orang lain baik orang yang dikenal maupun tidak dikenal dan tidak terbatas umurnya.. bentuk tindakan yang dilakukannya seperti menampar wajah dan mencakar wajah dan meremas tangannya dengan menggunakan jarinya. dan sedangkan kebiasaan lainnya adalah pada saat hendak mengempeng dot susunya memiliki kebiasaan mengutil pusar dan kemaluannya. Pertanyaan saya apakah perilaku anak kami tersebut dapat dirubah kalau bisa mohon tips nya. terimakasih.

Wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: