Masuk SD terlalu Dini Apakah Bermasalah?


Post #1

Rini Fitri :
assalamu’alaikum
saya pnya anak perempuan umur 7,5 thn ,
sekarang duduk di klas 3 SD,
umur 3,5thn msuk play grup
umur 4,5 thn udh msuk Tk nol besar..
umur 5,5 thn msuk SD
karna dia msuk SD terlalu dni berpengaruh gak terhadap perkembangan ny ??
karna selaen d sklah dia jga ada les tambahan,jd wktu utuk dia bermaen dn bersosialisasi dgn tmn2′y hny sedkit
mhon solusi’y,trms…???

Delete Post

clip_image003

Post #2

Fajriati M Badruddin

Wa’alaykumsalam wr wb,
Bu Rini, apakah saat ini putri Ibu mengalami masalah/hambatan di sekolah?? Bila putri Ibu tidak memiliki hambatan dalam hal akademik, interaksi dan sosialisasi serta dalam kematangan emosi, maka Ibu tidak perlu khawatir.
Begitu pula dengan masalah les2 tambahan yg diikuti. Selama anak enjoy, tidak mengeluh, bahkan bersemangat dengan les2 tersebut, Ibu juga tidak perlu khawatir.

Untuk waktu bermainnya, Ibu bisa mengoptimalkan waktu luang yg ananda miliki dengan tidak membebaninya dengan tugas2 yg sifatnya akademik, tapi lebih pada aktifitas fisik yang bisa mengoptimalkan kemampuan motorik kasar dan halusnya, atau dengan membiarkan anak melakukan hobinya dan bermain berkelompok bersama teman2 seusianya.
Agar aktifitas anak berjalan lebih optimal, baiknya Ibu bersama anak membuat jadwal kegiatan harian. Selain berguna untuk mengatur aktifitas pada anak, jadwal kegiatan harian ini juga sangat bermanfaat dalam melatih disiplin serta tanggung jawab pada anak.

Sekian jawaban dari saya, semoga bermanfaat ya Bu…
Wassalamu’alaykum wr wb

 

clip_image004

Post #3

Risna Yuni

assalamu’alaikum..
sekalian sharing, anakku (5thn) usia 2,5 – 4,5 thn sekolah d playgroup. usia 4 tahun sdh bisa membaca, jd thn ini dia tdk sy sekolahkan dulu krn menunggu tahun depan masuk TK B. Pertimbangannya khwtr dia bosan karena banyak TK di kota sy lebih mementingkan belajar membaca drpd fungsi bermain.
Banyak yg menyarankan untuk masuk SD thn depan (usia 5,5thn). Tapi ibu sy yg guru SD mengatakan bhwa anak yg tll dini masuk SD biasanya mngalami hambatan pada saat kelas2 akhir (kls 4 ke atas) sehubungan dengan tahapan perkembangan mentalnya blm sesuai dgn pola pendidikan di kelas2 tsb… betul ga sih???

 

clip_image003[1]

Post #4

Fajriati M Badruddin

Wa’alaykumsalam wr wb,

Pendapat Ibu dari Bu Risna memang benar. Sebaiknya anak memang masuk sekolah formal sesuai dengan jenjang usia yang disyaratkan. Mengapa??? Karena untuk belajar di sekolah, tidak hanya dibutuhkan kematangan akademik (Misalnya : membaca, menulis dan berhitung), tetapi juga kematangan emosi serta kemandirian.

Umumnya anak2 yg terlalu dini masuk TK atau SD memang cukup matang secara akademik (sudah bisa membaca, menulis, bahkan berhitung sederhana). Namun biasanya kematangan emosi dan kemandiriannya tetap saja berada pada level usia kalendernya. Jadi, masalah yang akan terlihat adalah bahwa anak bisa mengikuti pelajaran di sekolah, tapi di sisi lain misalnya : anak masih minta ditunggui Ibu, atau tidak bisa mengikuti permainan yang dilakukan teman2 sekelasnya, atau tidak berani pipis sendiri di toilet umum sekolah, atau mudah menyerah terhadap tugas yang diberikan atau tidak mau mengerjakan PR karena masih lebih suka bermain, dll.

Memang biasanya (meski tidak semua), anak2 yg terlalu dini masuk sekolah akan menghadapi masalah pada setelah kelas 3 ke atas karena beban akademik yg semakin berat, dan beban itu harus ditunjang oleh kematangan emosi serta kemandirian dalam bentuk tanggung jawab terhadap tugas2 sekolah.

Namun apabila kita sdh terlanjur memasukkan anak ke sekolah saat usianya masih belum mencukupi, maka kita harus melatih anak agar lebih mandiri dan matang scr emosi sehingga ia bisa bertanggung jawab terhadap tugas2 sekolahnya serta memberi kesempatan pada anak untuk bermain dan bersosialisasi dengan teman2 sebayanya.
Terimakasih pada bu Risna atas sharing pengalamannya,

Salam hormat saya untuk Ibu dan sayang untuk si kecil yg cerdas..

Wassalamu’alaykum wr wb,
Fajriati Maesyaroh,Psi

2 responses

23 02 2011
rahma mailiani

kpn ada krjasama yg bersift saling menyenangkan untuk kemajuan regenerasi kita? mengapa selalu dinomersatukan akademik2 terus dengan mengenyampingkan attitude dan moral.

11 05 2011
ani anggraeni

ass.Bu saya mau share sekalian bertanya….
anak saya usia 6,2 pada bulan juli nanti, saya mengalami kebingungan ttg sekolah anak saya, apakah dia akan dimasukan k sd tahun ini sementara di kota kami menetapkan 7 tahun adalah usia yg matang u bersekolah dimana secara emosi n kemandirian sudah lebih siap ( dari literatur yg saya baca) benarkah hal tersebut?
secara akademik anak saya sudah bisa membaca n matematika sederhana. Sebetulnya persyaratan apa yg harus dimiliki seorang anak u masuk sd? n benarkah keputusan saya u memasukkan anak saya k sd tahun depan?
Terimakasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: