Anak kurang konsentrasi..


 

Pertanyaan

Bu.. mw sharring dong.. Anakku sebelum menginjak umur 8 tahun punya masalah dengan konsentrasinya tetapi semakin besar aku perhatikan perkembangannya di sekolah maupun lingkungan jadi suka ngeblank pikiran kosong.. Itu saya temuin ketika dia les math yang mana sering bengong dan tidak membuat jawaban sehingga harus ditegor dan ditegor lg. untuk mengingatkan dia dalam bertugas. Klo di tempat les bolanya pun dia sering bengong pula. Kira2 terapi apa yang pantas buat anak saya agar dia dapat lebih konsentrasi di sekolahnya.. Karena kalau secara omongan kayaknya sudah capek saya memberitahu dia….

Jawaban

Mangga Bu…. *_^

Bu, banyak sekali sebenarnya yg ingin saya sharing…. InshaALLAH nanti kalau saya ke Jkt, kita bikin janji ya Bu….
Ada beberapa hal yg bisa Ibu lakukan :

1. Membuat rules. Jadi, Ibu dan Abang bisa duduk bersama untuk membuat rules yang akan disepakati bersama saat belajar. Misalnya :
a. Sit down properly
b. Look at the teacher (siapa pun gurunya)
b. Listen to the teacher
d. Do your work fast
e. etc (Ibu bisa tambahkan sdr sesuai kondisi anak)
Lalu tulis/ketik rules tersebut, dan tempel di tempat belajarnya di bagian yg mudah terlihat.
Dgn demikian, diharapkan nantinya Ibu tdk lagi perlu selalu berteriak untuk mengingatkan, karena Rules tersebut diharapkan bisa menjadi "sign" bagi anak tentang perilaku yg hrs ditampilkan saat ia belajar. Diharapkan pula, anak bisa menggeneralisasi rules tersebut di sekolah.
2. Membuat "sign" dengan waktu, sehingga Abang sadar bahwa dalam mengerjakan tugas ada time limit nya. Misalnya : dengan menggunakan Timer atau Stop Watch. Bila ia sudah memahami konsep jam, Ibu bisa meletakkan jam weker di dekatnya, dan mengatakan : "Abang punya waktu 30 menit untuk mengerjakan tugas. Sekarang jam 8, jadi jam 8.30 Abang harus sudah bisa menyelesaikan semua tugas itu."
3. Saat belajar di rumah, Ibu harus membuat simulasi seperti layaknya belajar di sekolah. Jd, usahakan setting tempat belajarnya juga seperti di kelas (ada papan tulis, sehingga misalnya : Ibu bisa menuliskan soal2 atau materi belajar dan meminta Abang mencatatnya, dll). Saat mengajarkan juga usahakan seperti guru nya di sekolah (Ibu berjalan-jalan saat menyampaikan materi shg kita bisa melihat apakah anak memperhatikan atau tidak), jd tdk selalu duduk di samping anak.
4. Memecah waktu belajarnya menjadi beberapa kali. Misalnya, waktu belajar yg 1 jam, kita pecah menjadi 3 kali dalam 1 jam (per 20 menit) dan diselingi dengan break selama 5 menit. Bila anak sudah konsisten dengan waktu 20 menit tadi, maka bisa kita tambah waktu belajarnya menjadi 30 menit, dst.
5. Ibu juga bisa melakukan Brain Gym untuk Abang (bisa ditanyakan ke Bu Kiki mengenai tekniknya), terutama untuk gerakan2 yg bisa menstimulasi konsentrasi dan kemampuan anak untuk memfokuskan perhatian.
6. Berenang, terutama dengan gaya bebas juga merupakan olahraga yg baik untuk anak, karena berenang bisa menstimulasi indera2 sensoris, melatih konsentrasi, juga menstimulasi otak kanan dan kiri (pada gerakan gaya bebas).
Yang jelas, semuanya akan membutuhkan usaha maksimal, konsistensi, keshabaran dan do’a dari kita. Proses ini akan sangat panjang dan lama. Tetapi InshaALLAH dengan usaha dan do’a kita, pasti akan ada hasilnya. Bu Eka juga bisa berkonsultasi dengan Ibu Kiki. Mudah2an ada tambahan saran yg bisa beliau berikan mengingat beliau juga cukup berpengalaman dalam hal2 seperti ini.

Mohon maaf atas segala kekurangan ya Bu….

Salam sayang untuk Abang n Rico.

Fajriati Maesyaroh, Psi

5 responses

3 12 2009
ety

“Anak kurang konsentrasi” Assalamualaikum bu Fajri, mo curhat jg mengenai anak sy usia 6 thn kls 1sd, klu di rmh dia normal biasa main spt anak2 yg lain wlaupun mainnya hanya dgn adiknya. Tp klu disklh info dr guru2, anak sy itu pendiam tdk pd istilahnya, tidak konsentrasi thdp pelajaran, sprt melamun gt bu, mnulisnya sll ketinggalan, kl sy ajak bljr latihan soal2 dirmh bisa tp kl dah disklh jd ngeblank smua sdkt yg dia bisa jwb soal2nya, bgmn ya bu untuk menumbuhkan rs pd dan keberanian pd anak sy serta bgmn cara mengajarkan anak bljr.

Wasalamualaikum, trima kasih ibu atas sarannya.

7 11 2010
Western Lyrics

Lumayan….ada pencerahan buat keponakan saya…thanks

30 12 2010
Intan

Ikut sharing bu,anak saya 6 tahun,sudah sekolah di tk selama 2thn,tapi sampai sekarang belum bisa baca tulis.bila di rumah saya susah sekali mengajarkn,krn anak saya kelihatan lama loadingnya..kadang dia lupa pada apa yg mau dikerjakan.contohnya mau minum malah ambil sendok,pernah disuruh ke warung malah balik lagi ke rumah krn dia kira rumah itu warung(model rumah saya&warungny sama)..
Disekolahpun tdk bisa konsentrasi.kadang sibuk sendiri,terlihat memperhatikan tp kog ga bisa2..,kdang sering melamun.pernah saya lesin privat,alhamdulillah baru sebentar sudah agak bisa baca tulis,tp lupa lagi setelah libur panjang.
Bu,bagaimana cara menterapi anak saya?

8 08 2011
johnson sitinjak

Ikutan saya Bu. Saya punya anak usia 9 thn, tapi masih kelas 3, karena 2 kali tinggalkelas, di TK dan SD. Konsentrasinya sangat mudah terganggu, serta pembawahannya seperti tidak seusianya. Fokus yg menjadi tantangannya, yg jarang bisa dia dapatkan. Tapi, dalam waktu dia on time. Kapan waktu mandi, makan dan tidur dia nomor satu. Namun jika dihadapkan pada masalah pemahaman dan analisa, dia sangat kurang. Kita sering marah akibat pelajaran yg diulang-ulang nggak bisa juga didapatnya. Jika saya baca dari beberapa tulisan, dia termasuk type gangguan konsentrasi. Apa ya Bu yang harus saya lakukan…?

24 09 2011
Arlene

Bu…. Saya juga punya masalah yang sama. Anak saya usia 5thn,sangat sulit untuk konsentrasi. Bila guru menerangkan,dia asik main sendiri atau melamun. Bila diberi tugas untuk di kerjakan, dia melamun,tunggu dihardik beberapakali, baru dikwrjakan sedikit. Dihardik lagi,dikerjakan sedikit,demikian selalu begitu. Kemana saya harus membawa anak saya untuk berkonsultasi? Saya bingung dan sedih sekali,bu. Terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: